Senin, 07 April 2014

FORUM DISKUSI FACEBOOK TERMASUK INOVASI DALAM PENDIDIKANKAH?




A.    PENDAHULUAN

                             I.               Latar Belakang
Seiring perkembangan zaman, teknologi komunikasi dan informasi juga ikut berkembang. Hal itu berdapak pada kehidupan kita sehari-hari, bahkan tak hayal bagi pendidikan pula. Salah satunya adalah Internet yang kini mulai banyak melahirkan Media Sosial untuk disajikan kepada para konsumenya seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa dampak pada perubahan pola pemakain media teknologi ini sebagai sarana untuk mengekpresikan diri seseorang baik di gunakan sebagai ajang komunikasi samapai menghibur diri mereka sendiri. Begitu pula facebook disaat ini, berbagai inovasi yang lahir dari Facebook. facebook bukan hanya sekedar sebagai sarana mengekspresikan diri di media sosial. Ada beberapa pihak yang menggunakan Facebook sebagai sarana mempromosikan usaha atau bisnisnya, bahkan untuk sarana diskusi hal-hal penting.

Dan yang menjadi pertanyaan dibenak kita saat ini apakah forum diskusi di Facebook merupakan inovasi dalam pembelajaran atau tidak? Berikut adalah komentar mereka tentang forum diskusi belajar pada Facebook.

                             II.            Pertanyaan Survei
Apakah Forum Group Diskusi IDP pada Facebook termasuk inovasi dalam mata kuliah IDP ini?”. Kalau Anda jawab “YES”, atau “NO” atau “YES & NO”, berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth”. Selanjutnya hitung dan tabulasi berapa jumlah yang “aktif” (menjawab) serta berapa yang “pasif” (tidak menjawab).
Hitung dan tabulasi dari yang mahsiswa yang aktif dan berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES & NO”. Kategorisasi/klasifikasi serta hitung frekuensinya. Misalnya yg memilih “YES”, “NO”, “YES&NO”, apa saja alasan, dan hitung yang alasan yang sama!
                            III.            Tujuan
Survey ini bertujuan untuk mengetahuai jawaban dari Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNJ 2012 sebagai responden apakah forum diskusi pada gruup DIP ini merupakan suatu inovasi atau bukan yang mengacu kepada teori Reigeluth dan Rogers.
                           IV.            Manfaat
Untuk mengetahui apakah forum diskusi Facebook merupakan suatu yang baru dalam pembelajaran serta untuk mengetahui seberapa  besar pemanfaatan Facebook sebagai inovasi untuk sarana pembelajaran  bagi mahasiswa.
                             V.            Responden
Semua mahasiswa yang mengikuti perkuliahan IDP Reguler 2012 Teknologi Pendidikan UNJ yang berjumlah 41 orang
                           VI.            Teknik Survei
Teknik survey yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari hasil jawaban responden grup DIP , berdasarkan keaktifan mahasiswa, serta jawaban mahasiswa kemudian dikelompookan berdasarkan jawaban mereka masing-masing dan menyajikannya dalam bentuk tabel agar lebih menarik.

B.    HASIL SURVEI
Data mahasiswa kelas Difusi Inovasi Pendidikan yang menjawab dan tidak menjawab pertanyaan dalam Diskusi Facebook


Tabel Keaktifan Mahasiswa
Tanggapan Mahasiswa
Jumlah
Menjawab
32
Tidak menjawab
9
Total
41

 








Data mahasiswa yang menjawab “YES”, “NO”, dan “YES & NO”
Jawaban
Jumlah
Yes
4
No
7
Yes & No
21
Total
32












Data mahasiswa yang menjawab “YES” beserta alasannya

Alasan
Jawaban
Alasan
Jumlah

Yes A
·       Baru diskusi menggunakan Facebook
·       Berkelanjutan digunakan di perkuliahan selanjutnya.


1

Yes B
·       Baru diskusi menggunakan Facebook
·       Berkelanjutan untuk mencapai tujuan


2

Yes C
·       Baru diskusi menggunakan Facebook
·       Berkelanjutan dan menyeluruh

1
Total
4

 


Data mahasiswa yang menjawab “NO” beserta alasannya
Alasan
Jawaban
Alasan
Jumlah

No A
·         Sudah pernah tapi melalui e-learning
·         Tidak ada diskusi, hanya posting jawaban

4

No B
·         Sudah pernah tapi melalui e-learning
·         Tidak digunakan lagi setelah DIP


1

No C
·         Sudah pernah tapi melalui e-learning


2
Total
7
















Data mahasiswa yang menjawab “YES & NO” beserta alasannya
jawaban
Alasan
Jumlah

YnN A
·       Baru diskusi dengan Facebook.
·       Tidak menyeluruh dan tidak berkelanjutan, kuliah DIP tidak terpaku Facebook.

2

YnN B
·       Baru diskusi dengan Facebook.
·       Tidak menyeluruh.

1

YnN C
·       Baru diskusi dengan Facebook.
·       Tidak berkelanjutan, tidak digunakan lagi setelah DIP.

2

YnN D
·       Diskusi Facebook bukan hal baru.
·       Berkelanjutan, terus digunakan sampai selesai kuliah DIP.

2

YnN E
·       Diskusi Facebook bukan hal baru.
·       Berkelanjutan, digunakan setiap minggu. Menyeluruh, semua mahasiswa DIP menggunakan.

1

YnN F
·       Diskusi Facebook bukan hal baru.
·       Berkelanjutan untuk mencapai tujuan.

2

YnN G
·       Diskusi Facebook bukan hal baru.
·       Berkelanjutan dan tidak menyeluruh. Karena Facebook hanya tambahan.

1

YnN H
·       Diskusi Facebook relatif (inovasi & tidak).
·       Menyeluruh dan berkelanjutan untuk mencapai tujuan.

2

YnN I
·       Diskusi Facebook relatif (inovasi & tidak).
·       Meminimalisir kekurangan dan mencapai tujuan

1

YnN J
·       Diskusi Facebook relatif (inovasi & tidak).
·       Tidak menyeluruh (hanya diskusi) dan tidak berkelanjutan (selesai setelah DIP), ada tujuan.

1

YnN K
·       Diskusi Facebook relatif (inovasi & tidak).
·       Tidak menyeluruh dan tidak berkelanjutan, kuliah DIP tidak terpaku Facebook.

1

YnN L
·       Diskusi Facebook relatif (inovasi & tidak).
·       Berkelanjutan, digunakan setiap minggu. Menyeluruh, semua mahasiswa DIP menggunakan.

3
YnN M
·       Diskusi Facebook relatif (inovasi & tidak).
2
Total
21


 







C.     PEMBAHASAN
Tentu saja banyak terjadi perbedaan pendapat yang dilontarkan oleh mahasiswa-mahasiswa yang saling menguatkan opini masing-masing karena mereka memiliki argument yang dikuatkan oleh pernyataan para ahli.  Berdasarkan dari data diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa responden ( mahasiswa) yang menjawab kategori “YES & NO” beranggapan bahwa forum diskusi ini merupakan sesuatu hal yang baru bagi mereka, namun hal ini sifatnya tidak berkelanjutan karena mereka beranggapan setelah mereka mengambil mata kuliah ini selesai dan terlampaui, maka mereka akan meninggalkan forum diskusi tersebut. Jika di analisis pendapat mereka di kuatkan dengan pendapat rogers sehingga mereka memilih jawaban “ YES & NO”.
Sedangkan responden yang menjawab “YES” beranggapan bahwa forum diskusi ini hal yang baru menurut dia. Mengacu kepada teori Rogers dan Rigeluth syarat-syarat yang mereka katakan sudah ada dalam forum diskusi di kali ini. Semakin meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar, mampu menguatkan pendapat masing-masingg responden, menerima umpan balik yang cepat dan membawa perubahan kepada diri responden masing-masing.
D.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil survei banyak responden yang menjawab YES&NO dibandingkan yang menjawab YES atau NO. Jadi dapat disimpulkan, bahwa forum diskusi DIP yang dilakukan di Facebook merupakan inovasi mengacu kepada teori Rogers dan Rigeluth jika diskusi yang dilakukan di Facebook dilakukan menyeluruh dan dilanjutkan pada pembelajaran konvensional di dalam kelas.
E.     DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar