A. PENDAHULUAN
I.
Latar
Belakang
Seiring perkembangan zaman, teknologi komunikasi
dan informasi juga ikut berkembang. Hal itu berdapak pada kehidupan kita
sehari-hari, bahkan tak hayal bagi pendidikan pula. Salah satunya adalah
Internet yang kini mulai banyak melahirkan Media Sosial untuk disajikan kepada
para konsumenya seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
membawa dampak pada perubahan pola pemakain media teknologi ini sebagai sarana
untuk mengekpresikan diri seseorang baik di gunakan sebagai ajang komunikasi
samapai menghibur diri mereka sendiri. Begitu pula facebook disaat ini,
berbagai inovasi yang lahir dari Facebook. facebook bukan hanya sekedar sebagai
sarana mengekspresikan diri di media sosial. Ada beberapa pihak yang menggunakan
Facebook sebagai sarana mempromosikan usaha atau bisnisnya, bahkan untuk sarana
diskusi hal-hal penting.
Dan yang menjadi pertanyaan dibenak kita saat ini
apakah forum diskusi di Facebook merupakan inovasi dalam pembelajaran atau
tidak? Berikut adalah komentar mereka tentang forum diskusi belajar pada
Facebook.
II.
Pertanyaan
Survei
Apakah Forum Group Diskusi IDP pada Facebook
termasuk inovasi dalam mata kuliah IDP ini?”. Kalau Anda jawab “YES”, atau “NO”
atau “YES & NO”, berikan alasan mengacu pada teori Rogers & Reigeluth”.
Selanjutnya hitung dan tabulasi berapa jumlah yang “aktif” (menjawab) serta
berapa yang “pasif” (tidak menjawab).
Hitung dan tabulasi dari yang mahsiswa yang
aktif dan berapa yang memilih “YES”, “NO”, dan “YES & NO”. Kategorisasi/klasifikasi
serta hitung frekuensinya. Misalnya yg memilih “YES”, “NO”, “YES&NO”, apa
saja alasan, dan hitung yang alasan yang sama!
III.
Tujuan
Survey
ini bertujuan untuk mengetahuai jawaban dari Mahasiswa Teknologi Pendidikan UNJ
2012 sebagai responden apakah forum diskusi pada gruup DIP ini merupakan suatu
inovasi atau bukan yang mengacu kepada teori Reigeluth dan Rogers.
IV.
Manfaat
Untuk mengetahui apakah forum diskusi Facebook
merupakan suatu yang baru dalam pembelajaran serta untuk mengetahui
seberapa besar pemanfaatan Facebook
sebagai inovasi untuk sarana pembelajaran
bagi mahasiswa.
V.
Responden
Semua mahasiswa yang mengikuti perkuliahan IDP
Reguler 2012 Teknologi Pendidikan UNJ yang berjumlah 41 orang
VI.
Teknik
Survei
Teknik survey yang dilakukan dengan cara
mengumpulkan data dari hasil jawaban responden grup DIP , berdasarkan keaktifan
mahasiswa, serta jawaban mahasiswa kemudian dikelompookan berdasarkan jawaban
mereka masing-masing dan menyajikannya dalam bentuk tabel agar lebih menarik.
B.
HASIL
SURVEI
Data mahasiswa kelas Difusi Inovasi
Pendidikan yang menjawab dan tidak menjawab pertanyaan dalam Diskusi Facebook
Tabel Keaktifan Mahasiswa
Tanggapan
Mahasiswa
|
Jumlah
|
Menjawab
|
32
|
Tidak menjawab
|
9
|
Total
|
41
|
Data mahasiswa yang menjawab “YES”, “NO”, dan “YES & NO”
Jawaban
|
Jumlah
|
Yes
|
4
|
No
|
7
|
Yes & No
|
21
|
Total
|
32
|
Data mahasiswa yang menjawab “YES” beserta alasannya
Alasan
Jawaban
|
Alasan
|
Jumlah
|
Yes A
|
·
Baru diskusi menggunakan
Facebook
·
Berkelanjutan digunakan di
perkuliahan selanjutnya.
|
1
|
Yes B
|
·
Baru diskusi menggunakan
Facebook
·
Berkelanjutan untuk mencapai
tujuan
|
2
|
Yes C
|
·
Baru diskusi menggunakan
Facebook
·
Berkelanjutan dan menyeluruh
|
1
|
Total
|
4
|
Data mahasiswa yang menjawab “NO” beserta alasannya
Alasan
Jawaban
|
Alasan
|
Jumlah
|
No A
|
·
Sudah pernah tapi melalui
e-learning
·
Tidak ada diskusi, hanya posting
jawaban
|
4
|
No B
|
·
Sudah pernah tapi melalui
e-learning
·
Tidak digunakan lagi setelah DIP
|
1
|
No C
|
·
Sudah pernah tapi melalui
e-learning
|
2
|
Total
|
7
|
Data mahasiswa yang menjawab “YES & NO” beserta alasannya
jawaban
|
Alasan
|
Jumlah
|
YnN A
|
·
Baru diskusi dengan Facebook.
·
Tidak menyeluruh dan tidak
berkelanjutan, kuliah DIP tidak terpaku Facebook.
|
2
|
YnN B
|
·
Baru diskusi dengan Facebook.
·
Tidak menyeluruh.
|
1
|
YnN C
|
·
Baru diskusi dengan Facebook.
·
Tidak berkelanjutan, tidak
digunakan lagi setelah DIP.
|
2
|
YnN D
|
·
Diskusi Facebook bukan hal baru.
·
Berkelanjutan, terus digunakan
sampai selesai kuliah DIP.
|
2
|
YnN E
|
·
Diskusi Facebook bukan hal baru.
·
Berkelanjutan, digunakan setiap
minggu. Menyeluruh, semua mahasiswa DIP menggunakan.
|
1
|
YnN F
|
·
Diskusi Facebook bukan hal baru.
·
Berkelanjutan untuk mencapai
tujuan.
|
2
|
YnN G
|
·
Diskusi Facebook bukan hal baru.
·
Berkelanjutan dan tidak
menyeluruh. Karena Facebook hanya tambahan.
|
1
|
YnN H
|
·
Diskusi Facebook relatif
(inovasi & tidak).
·
Menyeluruh dan berkelanjutan
untuk mencapai tujuan.
|
2
|
YnN I
|
·
Diskusi Facebook relatif
(inovasi & tidak).
·
Meminimalisir kekurangan dan
mencapai tujuan
|
1
|
YnN J
|
·
Diskusi Facebook relatif
(inovasi & tidak).
·
Tidak menyeluruh (hanya diskusi)
dan tidak berkelanjutan (selesai setelah DIP), ada tujuan.
|
1
|
YnN K
|
·
Diskusi Facebook relatif
(inovasi & tidak).
·
Tidak menyeluruh dan tidak berkelanjutan,
kuliah DIP tidak terpaku Facebook.
|
1
|
YnN L
|
·
Diskusi Facebook relatif
(inovasi & tidak).
·
Berkelanjutan, digunakan setiap
minggu. Menyeluruh, semua mahasiswa DIP menggunakan.
|
3
|
YnN M
|
·
Diskusi Facebook relatif
(inovasi & tidak).
|
2
|
Total
|
21
|
C. PEMBAHASAN
Tentu
saja banyak terjadi perbedaan pendapat yang dilontarkan oleh
mahasiswa-mahasiswa yang saling menguatkan opini masing-masing karena mereka
memiliki argument yang dikuatkan oleh pernyataan para ahli. Berdasarkan dari data diatas dapat di tarik
kesimpulan bahwa responden ( mahasiswa) yang menjawab kategori “YES & NO”
beranggapan bahwa forum diskusi ini merupakan sesuatu hal yang baru bagi
mereka, namun hal ini sifatnya tidak berkelanjutan karena mereka beranggapan
setelah mereka mengambil mata kuliah ini selesai dan terlampaui, maka mereka
akan meninggalkan forum diskusi tersebut. Jika di analisis pendapat mereka di
kuatkan dengan pendapat rogers sehingga mereka memilih jawaban “ YES & NO”.
Sedangkan responden yang menjawab “YES”
beranggapan bahwa forum diskusi ini hal yang baru menurut dia. Mengacu kepada
teori Rogers dan Rigeluth syarat-syarat yang mereka katakan sudah ada
dalam forum diskusi di kali ini. Semakin meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam
belajar, mampu menguatkan pendapat masing-masingg responden, menerima umpan
balik yang cepat dan membawa perubahan kepada diri responden masing-masing.
D.
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil survei banyak responden yang menjawab YES&NO
dibandingkan yang menjawab YES atau NO. Jadi dapat disimpulkan,
bahwa forum diskusi DIP yang dilakukan di Facebook merupakan inovasi mengacu
kepada teori Rogers dan Rigeluth jika diskusi yang dilakukan di Facebook
dilakukan menyeluruh dan dilanjutkan pada pembelajaran konvensional di dalam
kelas.
E. DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar